Tuesday, September 3, 2013

【Warta TBSky/Kolom Acarya Hui Jun】Rahasia Arya Sheng-Yen Lu ~ Cara membaca Sutra Gaowangjing yang tepat!

盧勝彥的密密密~像這樣唸高王經就對了!作者:蓮花慧君 寫於2013年1月25日
【Warta TBSky/Kolom Acarya Hui Jun】Rahasia Arya Sheng-Yen Lu ~ Cara membaca Sutra Gaowangjing yang tepat!

Penulis : V.A Hui Jun dituliskan pada 25 Januari 2013



Pertanyaan sekilas : apakah anda masih ingat bagaimana untuk pertama kalinya membacakan Sutra Gaowangjing? Dan kapankah bermula semakin hari menjapa Sutra semakin dijejali pikiran semrawut?

Tidak sedikit umat mendaraskan Sutra adalah untuk memohon pengikisan rintangan karma buruk dan mengubah peruntungan nasib, akan tetapi, sangat disayangkan antara mulut dan hati belum selaras. Meskipun telah dijapa banyak kali, beribu bahkan hingga puluhan ribu kali, tetapi masih tidak dijumpai kontak batin, kehidupan sehari-hari pun masih kerap dirundung kemalangan. Lantas menyalahkan bahwa mendaraskan Sutra ternyata tidak ada khasiatnya sama sekali, mohon direnungkan apakah benar sikap seperti ini?

Andaikata anda fasih menggunakan komputer dan menjelajah di internet, cukup ketikkan kata kunci “蓮生活佛高王經” (Red: Lian Sheng Huo Fo Gaowangjing) di Google, anda akan menemukan banyak sekali Dharmadesana Yang Mulia Maha Guru Sheng-Yen Lu mengenai Sutra Gaowangjing (Sutra Avalokitesvara Raja Gao).


Pembacaan Sutra Gaowangjing tidak semata menjapakan nama suci Buddha saja, dalam Dharmadesana Yang Mulia Dharmaraja Lian Sheng pernah dibabarkan : Pada Sutra Gaowangjing terdapat 3 Kekuatan Agung : Kekuatan Buddha (nama Buddha yang tertera tiada terhingga), Kekuatan Sutra (mampu melenyapkan derita hidup dan mati, menyirnakan segala marabahaya jahat), Kekuatan Mantra (七佛滅罪真言- Sapta Atitabuddha Karasaniya Dharani : mantra 7 Buddha Pelenyap karma buruk ini sungguh berkekuatan dahsyat)!

Jadi ketika kita menyadari bahwasanya Sutra Gaowangjing ternyata memiliki kekuatan menakjubkan sedemikian rupa, apakah kita akan kembali dengan gegabah menjapakan Sutra ini?

Yang Mulia Dharmaraja Lian Sheng pernah membabarkan : “Setiap nama suci Buddha di Sutra Gaowangjing, sesungguhnya mengajarkan kita bagaimana cara mengaktualisasikan praktik nyata penekunan bhavana. Ketika kita menjapa setiap nama agung Buddha di Sutra Gaowangjing, hendaknya kita juga berdoa dengan bersungguh-sungguh kepada para Buddha tersebut, meneladani semangat praktik nyata penekunan bhavana Mereka.“

Saya seringkali mendengar Yang Mulia Maha Guru semasa membaca Sutra Gaowangjing, sangat sangat jelas terdengar satu kata demi satu kata, sedikitpun tidak sembarang tergopoh-gopoh mengejar waktu! Cara penjapaan Beliau yang dengan pikiran terpusat, seringkali membuat saya terharu merasakan daya energi kuat berkumandang memenuhi angkasa. Satu kali penjapaan oleh Yang Mulia Maha Guru, sungguh beratus-ribu kali lipat lebih unggul dibandingkan cara penjapaan Sutra yang terburu-buru.

Suatu kali Yang Mulia Dharmaraja Lian Sheng pernah mengungkapkan : “Semasa membaca Sutra Gaowangjing saya tidak tergesa-gesa mengejar jumlah penjapaan, meskipun setiap hari menjapa tidak begitu banyak, akan tetapi senantiasa dibacakan pelan-pelan satu kata demi satu kata, setelah usai penjapaan dalam keheningan hati melakukan visualisasi…”


Saya merasa Yang Mulia sedang mengajarkan kita semua pada saat mengerjakan apapun, hendaklah dikerjakan secara konsisten tanpa hasrat seperti ingin selekasnya menggapai langit, dengan disertai kemantapan hati yang penuh khusyuk, dan sepatutnya tidak dikerjakan serampangan. Semasa kita membaca suatu Sutra, hendaknya memahami pula apa intisari Sutra tersebut, ketika mulut menjapa hati pun seyogyanya turut menyelaminya. Kiranya dengan dasar semangat seperti ini mendaraskan semua Sutra barulah tepat adanya. Andaikata hati tulus tentu menghasilkan khasiat yang mujarab!

(tambahan : Silahkan diunggah dengan gratis lagu Sutra Gaowangjing, dinyanyikan oleh V.A Hui Jun dengan mengikuti tautan berikut : https://app.box.com/s/46thhws17cwn4em4fw0t )


※Sumber Terjemahan : http://blog.udn.com/nking/7256803

※Untuk membaca lebih banyak berita marilah bergabung di TBSky
Versi Mandarin : 【真佛天空新聞台】 http://www.tbnsky.info/
Versi bahasa Inggris : http://blog.udn.com/TBSkyNews
Versi bahasa Indonesia : http://tbskyindonesia.blogspot.com/

※Facebook Fanspage :
TBSky Chinese : https://www.facebook.com/nkingsky
TBSky English : https://www.facebook.com/TBSkyNews
TBSky Bahasa Indonesia : https://www.facebook.com/TBSkyBahasaIndonesia

No comments:

Post a Comment