Monday, November 18, 2013

Media massa di Taiwan mewawancarai Yang Mulia Dharmaraja Lian Sheng!


台灣新聞媒體,採訪聖尊蓮生活佛!
Media massa di Taiwan mewawancarai Yang Mulia Dharmaraja Lian Sheng!

《Warta Kilat TBSky》Tanggal 17 November 2013 Maha Guru, Guru Dhara dan rombongan, tiba di Taiwan Taoyuan International Airport pada pukul 5:45 subuh hari. Karena khawatir Yang Mulia Maha Guru terlalu memforsir tubuh dan kelelahan, para umat Zhenfozong dari komunitas internet serempak menghimbau sesama umat aliran supaya mengindahkan ketertiban, menaruh pengertian kepada Maha Guru, serta menjaga akses keluar Maha Guru dan Guru Dhara setelah turun dari pesawat supaya lancar tanpa hambatan!

Demi menyambut kedatangan Maha Guru dan Guru Dhara, para umat Zhenfozong dengan semangat berkobar-kobar, sudah sejak awal dari jam 1-2 subuh datang menunggu di Bandara Internasional Taoyuan. Tidak lama kemudian di areal bandara berkumpul semakin banyak siswa Zhenfozong dengan jumlah sekitar 2 ribu umat, sambil memegang tinggi-tinggi papan slogan penyambutan, semuanya antusias menantikan kepulangan Maha Guru!

Bapak Sekjen Liao Dongzhou dari Departemen Luar Negeri R.O.C Komite Koordinasi untuk Urusan Amerika Utara dan istri secara khusus mempersembahkan bunga kepada Maha Guru dan Guru Dhara, bersama-sama para umat dengan tulus memberikan penyambutan yang hangat.

Yang Mulia Maha Guru Lian Sheng selepas turun dari pesawat menerima konferensi pers khusus dengan pihak wartawan, wartawan bertanya mengenai apa pandangan mengenai isu kerawanan bahan pangan yang muncul dewasa ini?

Yang Mulia berpendapat bahwa pengelolaan bahan pangan berhubungan erat dengan kesehatan seluruh rakyat maka sangat penting, pengelolaan pangan, peraturan perundang-undangan serta kerjasama yang erat dengan pihak pengusaha, dengan demikian maka keamanan bahan pangan baru dapat dipastikan, diantaranya pihak pengusaha hendaklah mempunyai kesadaran moral dan mempunyai hati nurani, jadi pendidikan karakter sedari usia dini sangatlah penting.

Kemudian wartawan bertanya apa kegiatan persiapan upacara Dharma di Taiwan? Yang Mulia Maha Guru mengungkapkan pada setiap hari Sabtu di Taiwan Lei Tsang Temple akan diselenggarakan upacara Api Homa, tujuan terutama dari upacara Api Homa diantaranya seperti meredakan malapetaka, disini memaknakan meredakan segala petaka yang berkenaan unsur tanah, air, api, udara dan angkasa; yang kedua peningkatan berkah, terutama supaya kondisi perekonomian Taiwan selekasnya membumbung tinggi, rakyat sejahtera sentosa, semoga penghidupan setiap individu memperoleh kesempurnaan, peningkatan kebijaksanaan, bekal duniawi berkecukupan; yang ketiga penundukan, terutama menunjuk kepada penundukan terhadap batin diri sendiri, sehingga memperoleh peningkatan pada segi pelatihan rohani; kemudian ada pula cinta kasih, mendoakan agar setiap individu berada dalam keharmonisan saling mengasihi, tiada nafsu dendam kebencian, sehingga pada skala kenegaraan pun akan menjadi damai tenteram. Untuk upacara Dharma musim semi di tahun depan juga akan mendoakan supaya negara senantiasa memperoleh iklim dan cuaca yang kondusif, negara makmur rakyat damai sentosa. Dan, ada lagi pada Festival Lampion tahun depan di kota Nantou, Taiwan Lei Tsang Temple adalah termasuk kawasan utama Lampion, jadi nanti juga akan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Terakhir wartawan menanyakan, akhir-akhir ini banyak sekali berita buruk dalam kehidupan sosial, masyarakat tentunya was-was dan merasa rasa takut, bagaimanakah cara mengubah hal ini menjadi sebentuk energi positif?

Yang Mulia berpendapat bahwa insan yang mempelajari Buddhisme hendaknya memahami bahwa cinta dan benci itu semuanya berasal dari satu sumber yang sama, hendaklah belajar pada kebijaksanaan, mengerti pembedaan benar dan salah, dengan demikian maka akan dapat mengubah pola kebiasaan tidak baik dalam hidup bermasyarakat.

Usai konferensi pers, Maha Guru berwelas asih memberikan Moding kepada para hadirin, dan akhirnya Maha Guru beserta rombongan dengan diiringi sambutan hangat dan meriah oleh para umat memasuki kendaraan dan meninggalkan bandara.

(Terimakasih atas penyusunan Ji-Dawei shixiong)

Sumber Terjemahan
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Halaman warta TBSky kini telah memulai aktivitas "Memohon Buddha menetap di dunia", dan aktivitas "Lindungi Guru dan Aliran"!

【TBSky Bahasa Indonesia】Mempersembahkan warta berita terbaru, artikel pelimpahan jasa untuk kepedulian terhadap sesama insan, perenungan Silsilah melalui Petuah Emas dan Dharmadesana Yang Mulia Mulacarya Lian Sheng, serta berbagi foto agung para Buddha Bodhisattva!

Silahkan menekan tombol ‘LIKE’ di halaman utama Facebook Fanspage “TBSkyBahasaIndonesia”, untuk memudahkan notifikasi setiap kali adanya berita terbaru ke hadapan Anda!

※Facebook Fanspage :
TBSky Chinese : https://www.facebook.com/nkingsky
TBSky English : https://www.facebook.com/TBSkyNews
TBSky Bahasa Indonesia : https://www.facebook.com/TBSkyBahasaIndonesia

No comments:

Post a Comment